#20 Iyal

PicsArt_08-24-12.52.07

“Dasar cengeng, masa gitu aja ngadu,” ia berucap nyinyir.

Bukan sekali dua kali dirinya mengata-ngataiku. Cibiran paling sering tentu saja: cerewet. Kalau sudah merepet takkan bisa berhenti. Kalau sudah marah tak bisa dilawan. Kalau sudah kalah biasanya nangis. Tapi kalau sudah temen dibela mati-matian. Ah, begitu sederhana dirinya mendeskripsikanku.

Tak kuingat kapan pertama kali bertemu dengannya. Sejauh aku bisa mengingat sudah ada dia dalam keseharianku. Bermain setiap sore hingga menjelang maghrib rasanya sering kujabanin bersamanya. Mulai alep cendong, alep berondok, alep jongkok, engklek, ampera, main hujan di pancuran depan rumah, panjat pohon, ‘mendaki’ bukit rasanya sudah kulakukan sejak kecil sekali. Tak sekali dua kali juga dia menolakku ikut bermain bersamanya. Ah ya, memang aku tak diperbolehkan panjat pohon sejak kecil.

Dia seperti bodyguard. Sejak kecil, selalu ada di barisan terdepan untuk membelaku. Seberapapun dirinya sering mencecarku dengan mulut pedasnya, tetap saja dia selalu siap membelaku. Saat aku dimarahi anak lain, saat aku diganggu anak dari sekolah tetangga, selalu ada dia yang membereskannya. Kami bahu membahu membasmi ‘musuh’. Aku dengan otakku, dia dengan ototnya.

Tahun-tahun berlalu melewati masa remaja menuju dewasa. Hanya dia yang tersisa dari teman masa kecil. Orang-orang silih berganti datang dan pergi dan dia selalu ada. Selalu sabar mendengar keluh kesah. Selalu setia dengan komentar nyelekit dan nyinyir yang jadi khasnya. Selalu setia dengan panggilannya untukku: cerewet.

Kini dia pun sudah tak ada. Memutuskan melepas apapun yang sudah didapatnya di dunia. Pergi bertemu-NYA yang kekal.

Advertisements

2 thoughts on “#20 Iyal

Akan menyenangkan mengetahui pemikiranmu untuk postingan ini :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s