Shahnaz Lawan Lupus

31_19547_1468048028_754237_f
Kak Anas

Saya mengenalnya pertama kali beberapa tahun silam. Saat masih baru saja menetas sebagai reporter di Pers Mahasiswa SUARA USU. Bersama — saya lupa berapa jumlah kami waktu itu — saya belajar bernarasi bersama kakak yang satu ini.Pertemuan selanjutnya adalah waktu baru saja mengentaskan tugas sebagai reporter untuk berikutnya sebagai redaktur. Kakak ini meluangkan waktunya untuk sekali lagi memberikan apa-apa saja yang bisa diberikannya. Sepanjang mengenal kakak ini, rasanya banyak sekali pelajaran dan motivasi yang bisa diambil. Apalagi dari segi dunia pers.

Kini, kak Anas  — panggilan kecilnya —  baru saja didiagnosa mengidap penyakit Lupus. Empat bulan ia bergulat untuk mengetahui penyakitnya ini. Dan ia masih harus berjuang menghadapinya sendirian.

Kak Anas membutuhkan dukungan yang sangat banyak. Baik moril dan materil. Karena itu sudi kiranya kawan-kawan meluangkan waktu untuk membaca deskripsi dukungan di sini https://kitabisa.com/bantushahnaz

Anas boleh dibilang sebatang kara. Ibunya meninggal saat Anas masih balita. Ayah Anas juga sudah berpulang sekitar dua tahun lalu di Medan. Anas mulai bekerja di Jakarta sejak 2015 untuk menopang hidupnya dan tiga orang adik. Mulai empat bulan lalu, praktis Anas kesulitan bekerja karena harus bolak-balik ke rumah sakit. Kondisi tubuhnya juga langsung drop bila lelah sedikit saja.

Tabungan Anas sudah terkuras untuk biaya dokter, tes, dan pengobatan. Saya pernah menemani Anas menjalani tes di RSCM. Untuk tes satu kali saja, Anas harus keluar biaya Rp 3 juta. Setidaknya selama empat bulan ini, biaya yang harus dikeluarkan sudah hampir Rp 30 juta. Sekali lagi, itu masih untuk diagnosa, belum pengobatan. BPJS tak meng-cover semua biaya tersebut.

Saat ini Anas memutuskan pulang ke Medan untuk beristirahat dan fokus pada pemulihan diri. Setelah melalui berbagai tes, Anas dipastikan menderita sindrom autoimun yang seringkali salah disimpulkan sebagai penyakit-penyakit lain karena gejalanya yang mirip. Diagnosa terakhir yang disimpulkan dokter pada hari ini, 9 Juli 2016, penyakit yang diderita Anas adalah lupus. Penyakit ini menyerang berbagai organ di dalam tubuh dan makin berbahaya bila penderitanya juga menderita penyakit lain seperti TBC.

Terima kasih. Mari sama-sama doakan Kak Anas untuk sembuh segera dan ceria kembali. >.<

Advertisements

Akan menyenangkan mengetahui pemikiranmu untuk postingan ini :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s