Ibu, Bolehkah Aku Membencimu?

siluet

22 Desember 2016

Tepat 21 tahun lalu aku dilahirkan.

Tepat 21 tahun lalu Ibu menjadi seorang ibu.

Dan hari ini tepat hari ke-21 aku merayakan Hari Ibu.

Bu, kata mereka Ibu punya alasan melakukan hal ini.

Kata mereka Ibu menyayangiku lebih dari yang ku tahu.

Tapi, itukan kata mereka Bu.

Bu, kata teman-temanku aku gak punya ibu.

Kata teman-temanku Ibu bukan ibuku,

Lagi-lagi, itu kan kata mereka Bu.

Lalu Bu, tetangga sebelah rumah juga pernah mengatakan,

Ibu tidak pernah menerima kehadiranku,

Karena itu Ibu pergi setelah melahirkanku.

Itu alasan kenapa aku tinggal bersama Nenek, bukan Ibu.

Aku mulai memikirkannya Bu.

Bu, sedari aku sekolah dasar sampai sekarang aku menyelesaikan sarjanaku,

Aku tak pernah melihat Ibu  mendampingiku.

Padahal aku selalu melihat anak-anak lain tertawa senang  memamerkan nilai mereka.

Aku mulai iri Bu, dan memikirkannya.

Setiap tanggal 22 Desember,

teman-temanku berlomba-lomba memberikan hadiah yang terbaik buat ibunya.

Aku? Oh, aku hanya mempersiapkan bunga.

Untuk Nenek, bukan untuk Ibu.

Setiap tanggal itu juga mereka selalu menceritakan kehebatan ibunya masing-masing.

Aku? Jangan tanya Bu, aku meringkuk menahan tangis sendirian di pojok kelas.

Dan setiap tanggal itu juga seluruh umat manusia di Nusantara mengagungkan ibu.

Tahun-tahun yang ku lewati tanpamu memberiku banyak makna Bu,

Karena itulah aku mau jadi yang berbeda di matamu.

Bu, titip salam untukmu dan dia yang mengaku sebagai Ayahku.

Boleh aku meminta Bu?

Hanya satu sepanjang umurku,

Aku ingin membencimu Bu,

Pasti tak akan berarti banyak bagimu,

Karena sisa manusia Indonesia lain tetap memujamu.

Hanya ingin kau tahu, bagaimana rasanya 21 tahun hidup sendiri tanpa Ibu yang tak pernah mau mengaku sebagai ibuku.

Boleh kan Bu?

Akan menyenangkan mengetahui pemikiranmu untuk postingan ini :)

