Aku dan Mimpi-mimpiku

 

IMG_4411

Terlahir sebagai perempuan, aku pernah mengutuknya. Oke, mungkin tidak benar-benar mengutuk, tapi menghujat. Engg. . . sebenarnya tak benar-benar seperti itu sih.

Begini ceritanya. Aku terlahir dalam lingkaran keluarga Jawa dengan keyakinan Islam. Sejak kecil aku dan saudara-saudara perempuan lainnya sudah menjalani beberapa kebiasaaan sebagai perempuan yang sepertinya tidak bisa diganggu gugat saat itu.

Kusebut saja beberapa. Anak perempuan kalau jalan tidak boleh berlari-lari sambil teriak (sejak kecil aku yang paling sering dimarahi mengingat aku sering berlari masuk ke rumah atau berteriak memanggil Ibu dan nenek dari luar rumah), anak perempuan kalau makan tidak boleh mengecap atau berisik (ini tidak hanya untuk anak perempuan saja sih), anak perempuan tidak boleh mengangkat kakinya ke kursi saat duduk, anak perempuan harus bisa masak dan beresin rumah, anak perempuan tidak boleh kerja setengah-setengah karena akan mendapat jodoh brewokan, dan anak gadis tidak diperkenankan duduk di depan pintu karena akan memperjauh jodoh.

Lalala, yeyeye . . .

Seiring bertambahnya usia, jiwa-jiwa pemberontak muncul dalam diriku (cie, pemberontak). Satu per satu kebiasaan-kebiasaan di atas aku lakukan. Hasilnya? Jangan tanya aku bagaimana keluargaku sudah hampir nyerah mengingatkanku.

Cerita ini mungkin tidak terlalu penting, tapi ini relevan dengan apa yang akan kuceritakan kemudian.

Aku punya mimpi besar saat perempuan dan laki-laki tidak dibatasi karena gender. Aku punya cita-cita besar untuk membuktikan kalau aku akan menemukan jodoh baik hati yang menerimaku apa adanya (mengingat aku adalah gadis Jawa yang tidak lemah lembut, slengekan, beruara keras dan cerewetnya kebangetan).

Aku punya cita-cita besar tidak mengerjakan sesuatu hanya karena aku perempuan. Beda hal kalau sudah takdir yaitu hamil, melahirkan hingga menyusui.

Laki-laki mana yang akan menggantikannya coba.

Berdampingan dengan mimpi-mimpi kecilku lainnya, inilah mimpi besar yang aku ingin benar-benar terjadi di masyarakat, tidak hanya Indonesia, tapi seluruh dunia.

 

Aku yakin, mimpi ini akan terwujud. Kamu?

Akan menyenangkan mengetahui pemikiranmu untuk postingan ini :)

